Sabtu, 28 September 2019

RENDANG TELUR

Rendang Telur 



Rendang dengan bahan dasar telur ini terbagi dalam dua macam. Rendang telur pipih yang serupa dengan kerupuk. Atau rendang telur khas suliki yang hampir menyerupai rendang hati dan paru.
Rendang telur yang menyerupai kerupuk itu banyak dibuat dan menjadi oleh-oleh wajib jika berkunjung ke kota Payakumbuh, dan Kabupaten 50 Kota dan berwisata kuliner. Meski berdekan wilayah, kedua rendang telur ini memiliki perbedaan dalam cara memasaknya. Rendang telur khas Kota Payakumbuh, menggunakan telur yang diiris dengan tipis menyerupai dendeng dan dimasak hingga kering.
Ada dua cara memasak rendang telurnya. Pertama, dengan merebusnya dan mencampur telur rebus yang telah diiris tipis-tipis itu ke dalam bumbu rendang. Kedua, dengan cara merebus telur berbarengan dengan bumbu rendang, lalu memisahkannya saat telur matang sementara bumbu rendang dimasak hingga kering. Setelah itu, telur tadi kembali dicampur ke dalam bumbu rendang yang telah kering.
Sedangkan rendang telur khas suliki dimasak dengan cara yang berbeda, serbuk-serbuk rendang yang sudah jadi dimasak terpisah dengan telur. Telur yang akan dijadikan isian rendang itu dikocok dengan cabe giling, kunyit giling, lengkuas giling dan sedikit kayu manis. Usai dikocok, adonan telur itu dimasukkan ke dalam plastik untuk direbus hingga matang. Setelah matang, adonan itu dipotong kotak-kotak serupa rendang hati atau rendang paru sapi, baru kemudian dicampur ke dalam bumbu rendang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERSERTIFIKAT HALAL!